Senin, 05 Desember 2011

Jembatan Kehidupan

JEMBATAN KEHIDUPAN
--------------------------------
Sahabatku yang bersemangat,

Dalam hidup ini kita tidak pernah tahu seberapa lama waktu yang Tuhan berikan pada kita. Panjang pendeknya waktu dalam hidup kita saya gambarkan bagai sebuah jembatan. Yang mana setiap manusia pasti melaluinya untuk mencapai ujung daratan yang lain yaitu kematian.

Disiang hari yang cerah ini izinkan saya untuk berbagi semangat, motivasi dan harapan tentang kehidupan ini bagi Sahabat sekalian melalui selarik tulisan. Tulisan berikut akan sangat berarti bila bermanfaat bagi para Sahabat sekalian. Saya berharap ada nasehat yang bisa saya bagikan melalui tulisan saya berikut.

Tulisan ini saya wujudkan dalam bentuk puisi kemudian saya parafrasekan supaya mudah difahami maksudnya. Berikut tulisan tersebut yang saya maksudkan.  Selamat membaca dan semoga memberikan bermanfaat. :-)


=========================
Jembatan Kehidupan
~ Hopeful Life Motivation Note
=========================

Berjalan ditepian panjang
Memandang selayang pandang
Menatap dari kejauhan
Tak pelak ujung terlihat

Dari sini kumelangkah
Menuju kearah cita
Kesuksesan sinar harapan
berkilauan diujung sana

Kutak tau kapan berakhir
Jembatan panjang tak bertepi
Kutak coba berpikir
Kapan lahir pula mati

yang berlaku yang tertera
Yang terlihat tak terduga
Apa terjadi siapa mengerti
Coba jalani berikan arti

Diatas laut dibawah langit
Hidup ini sangatlah sempit
Kala terjatuh cobalah bangkit
Meski mengerti rasanya sakit

Lalui lautan cobaan
Prasangka tak menyana
Ada hidup setelah kematian
Amal kebajikan modal kehidupan

Coba mengerti bangun sadari
Diujung sana akhir kehidupan
adakah tahu banyak amalan
Cukup fahami tau koreksi
~~~~~

Dalam menjalani kehidupan ini kita senantiasa melangkah. Menuju keujung jauh dari perjalanan panjang kehidupan. Jalan diatas sebuah jembatan. Yang kita sendiri tidak mengetahui dimana berakhirnya.

Dari tempat kita berdiri sekarang haruslah mulai kita susun rencana kedepan. Dimana cita - cita harapan dan impian termasuk didalamnya. Kita bisa dapatkan ketiganya bila percaya dan diujung perjalanan kita itulah ketiganya terdapat.

Mungkin sampai kapan itu kita tidak pernah tau. Kapan perjalanan ini berakhir itu bukan lah masalah. Sebab semua akan nampak apabila kita sudah dekat. Kapan kita menyaksikan dan mengalami kelahiran serta kematian sudah Tuhan atur. Tidak perlu kita risaukan itu.

Apa yang terjadi akan terjadi. Semua serba tidak terduga dan tidak bisa disangka. Tidak ada yang mengerti. Yang bisa kita lakukan adalah menjalaninya. Hal itu jauh lebih berarti.

Jembatan kehidupan yang kita lalui berada diatas lautan cobaan dan dibawah langit rintangan. Adakalanya kita terjauh ketika berjalan. Namun cobalah untuk bangkit sesegera yang kita bisa. Sebab rasa sakit karena jatuh memberikan pengalaman dan pelajaran yang yang sangat bermanfaat. Untuk langkah kita berikutnya. Supaya tidak terjatuh lagi.

Lautan cobaan yang kita lewati tak pelak akan memberikan banyak pengalaman dan pengertian. Bahwa segala sesuatu akan ada ujungnya dalam ehidupan ini. Begitu pula dengan kehidupan, akan ada kematian setelahnya. Dan amalan kebaikan adalah modal terbaik ketika tiba disana.

Dari sana kita bisa terjaga dan tersadar akan diri kita. Adkah amalan kebaikan yang kita miliki saat ini sudah cukup. Hal terbaik yang bisa kita lakukan ialah mengoreksi diri kita sendiri. Dengan begitu hidup kita akan terasa lebih baik. 

------------------------------------------------------------
Sahabatku,
Itulah sedikit tulisan saya mengenai Jembatan Kehidupan. Disana diibaratkan bahwa perjalan dalam hidup kita berada diatas suatu jembatan. Yang mana jembatan itu tidak kita ketahui ujungnya. Jembatan itu tidak diketahui apa saja yang akan kita temui apabila melaluinya. Kita  hanya bisa berdoa agar Tuhan arahkan kita ketempat yang baik. Sebab bila tidak berarti kita mengarah kepulau penyesalan.

Berbuat banyak amalan yang baik selama melintasi jembatan kehidupan merupakan langkah baik yang perlu ditempuh. Setelah sampai  diseberang sisi jembatan kita tidak akan begitu menyesal karena banyaknya bekal kita. Sebaliknya penyesalan adalah milik kita bisa samapai diseberang jembatan tanpa membawa kebaikan sedikit pun. Atau bahkan membawa bekal banyak dosa pastilah kits menuju daratan neraka.

"Akan ada akhir dari semua awalan diidalam kehidupan."

"Panjang pendeknya jembatan kehidupan akan berarti sebab amalan kebaikan yang kita miliki."

"Tuhan ciptakan jembatan bagi setiap kehidupan menuju kesuatu tempat. Berdoalah agar berada pada jembatan yang mengarah pada kebaikan. Meskipun jalannya berat untuk dialui."

 Salam serta doa bahagia dari dalam lubuk hati saya dan orang - orang yang saya cintai bagi Sahabat sekalian.


Fatkhan. T. Haqque.
Hopeful Life Founder

Tidak ada komentar:

Posting Komentar